Senin, 17 Oktober 2011

Komunikasi Internet

Menurut Kenneth C. Laudon, Internet memberi serangkaian kemampuan untuk komunikasi elektronik yang bisa membantu perusahaan mengurangi biaya komunikasi. Layanan – layanan internet yang utama yaitu Menurut Paul Kahn, Diagram model komunikasi menunjukkan faktor – faktor yang diperlukan dalam membuat Web Site. Diagram tersebut menjelaskan bahwa sorang pengirim pesan akan, menyampaikan srategi korporasi yang harus diinterpretasikan menjadi suatu strategi pemasaran, yang pada gilirannya diolah oleh teknik editorial dandesain dan dibentuk lebih lanjut oleh teknologi perangkat keras dan lunak dalam suatu sistem computer. Kemudian diteruskan kedalam suatu saluran (medium) komunikasi internet dalam bentuk sinyal – sinyal. Kemudian sinyal tersebut harus dapat diterjemahkan oleh teknologi perangkat keras dan lunak yang digunakan penerima pesan. Sinyal ini harus dapat dimengerti si penerima pesan secara kognitif dan dengan kemampuan persepsinya, serta harus memiliki daya tarik secara budaya, sosial, dan prasangka awal dari si penerima pesan. Sehingga pada akhirnya dapat benar – benar cocok dengan harapan si penerima pesan.

Komunikasi internet di Indonesia telah berkembang pesat dan merubah kehidupan masyarakat, karena itu dengan meningkatnya jumlah pengakses internet maka bandwith menjadi sebuah aset yang sangat penting. CEO Huawei Indonesia, Li Wenzhi mengatakan, pesatnya perkembangan internet di dalam negeri memicu perusahaan meluncurkan jaringan arsitektur Ultra Broadband (U2Net). U2Net adalah sebuah arsitektur jaringan generasi terbaru untuk aplikasi IP Vido dan aplikasi komputansi awan yang diadaptasi secara khusus untuk memenuhi kebutuhan dari dua evolusi utama di Jaringan Broadband pada tingkat global dan di Indonesia, katanya. Dengan perkembangan teknologi internet yang pesat, menurut Li Wenzhi, layanan video berbasis internet sekarang bisa memberikan sebuah pengalaman layanan yang lebih baik kepada para pelanggan.
Macam-macam Komunikasi melalui internet  adalah sebagai berikut:
1.   Newsgroup
Newsgroup adalah kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi warta. Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek. Sebagai contoh adalah: rec (rekreasi), soc (masyarakat), sci (sains), alt (alternatif), comp (komputer) dan lain-lain. Untuk menggunakan Newsgroup diperlukan aplikasi bernama news reader dan sambungan internet ke peladen warta (news server) terdekat.

2.   IRC
Internet Relay Chatting atau yang biasa disebut dengan  mIRC merupakan perangkat lunak untuk Internet Relay Chat atau chatting secara online yang jalan di atas sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 yang telah dibuat oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC diseluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini di download sebanyak 9,129,578 kali dari servis CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net memasukan mIRC ke dalam daftarnya sebagai “10 terbaik applikasi internet” pada tahun 2003.Dengan tersedianya script, para pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebas-bebasnya. Huruf ‘m’ dalam singkatan mIRC belum diketahui pasti, tetapi dalam FAQ dalam FORUM mIRC, pihak mIRC mengatakan ‘m’ adalah singkatan dari “Moo”.
Kelebihan
- Adanya skripsi yang dapat membuat mIRC dapat diatur sebebas-bebasnya.
- Banyaknya pengguna yang memungkinkan pengguna lainnya lebih mudah untuk mencari teman.
- Ribuan channel tersedia (nama channel bebas atau ditentukan sesuai domisili).
Kekurangan
- Anda tidak bisa chatting dengan media suara dan gambar seperti di Yahoo Messenger atau CamFrog atau MSN. Anda hanya bisa chatting dengan basis teks.
- Hanya beberapa server yang bekerja pada mIRC saat ini (Contoh: DALnet, EFNet, QuakeNet, dan sebagainya).
- Tidak bisa memilih regional / domisili dari teman chatting kita secara pasti.
MIRC adalah sebuah program yang berbasis pada Bahasa Inggris dan tidak mempunyai versi translasi pada saat ini. Walaupun begitu, penggunaan mIRC tidaklah terlalu sulit untuk orang-orang yang tidak berbicara/berbahasa dalam Bahasa Inggris. Semua tombol, kegunaan-kegunaan dan fungsi-fungsi dapat digunakan dengan mudah dan langsung menuju perintah-perintah dan setting-setting. Installasi mIRC dan penggunaan IRC untuk pertama kalinya adalah hal yang selalu menjadi masalah/rintangan utama. Oleh karena itu kami ingin memberikan jalan keluar melalui file ini dan terjemahannya
IRC (Internet Relay Chat) adalah suatu tempat bertemu virtual (maya) dimana semua orang dari seluruh dunia dapat bertemu dan berbicara. Sebagai pengguna anda dapat menjalankan mIRC ( suatu program kecil yang dapat berhubungan dengan sebuah server didalam jaringan IRC). Semua server saling berhubungan dan menyampaikan pesan dari pengguna ke pengguna yang lain pada jaringan IRC. Anda dapat saja berpatisipasi dalam sebuah grup diskusi pada salah satu channel dari ribuan channel IRC yang ada, pada salah satu jaringan dari ratusan jaringan IRC yang ada, atau hanya berbicara dengan keluarga atau dengan teman-teman secara pribadi (private), dimanapun mereka berada. Anda dapat menemukan banyak perbedaan dalam minat, ide-ide dan persoalan-persoalan dalam IRC.
3.   E-mail
E-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang berarti surat menyurat dalam Internet. E-mail banyak digunakan karena alasan mudah dikirim dan cepat sampai tujuan. E-mail tidak memerlukan kertas atau prangko, melainkan cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirim, surat akan sampai ke tempat tujuan meskipun jarak penerima mencapai ribuan kilometer, tanpa batasan ruang dan waktu. E-mail merupakan salah satu fasilitas dari Internet yang paling sering digunakan dan paling populer. Setidaknya setiap orang yang mengakses Internet, mereka pasti tidak lupa memeriksa kotak masuk (inbox) dalam e-mailnya, karena hanya inilah sarana pengiriman surat yang paling murah di dunia.

Fitur yang terdapat dalam e-mail
E-mail tidak hanya digunakan semata-mata untuk berkirim-kiriman surat elektronik, namun seiring perkembangannya ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail, antara lain:

-  Mengirim e-mail berupa tulisan, teks, dan gambar.
- Mengirim e-mail dalam format grafik dan editing HTML.
- Mengirim kartu elektronik dan animasi gambar (hanya dengan bantuan provider tertentu).
- Mengirim file (attachment) berupa foto, gambar, suara, bahkan musik.
- Mengirim SMS (hanya operator tertentu)
- Mengirim satu pesan kepada beberapa alamat e-mail sekaligus.

Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah gmail.com, yahoo.com, plasa.com dll. Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Kita buka program mozilla
2. Kita membuka default yahoo.com
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik "Sign Up"
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita
6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email
7. Beri tanda centang pada pernyataan " I Agree"
8. Klik "Submit"
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo.com

Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan, dengan cara:
1. Buka email kita
2. Klik compose atau tulis
3. Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose terdapat "CC" yang berarti alamat tambahan
4. Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
5. Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
6. Klik attach file
7. Klik continue message
8. Klik Send.

Beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list. Untuk dapat mengirim email kita harus mempunyai account email/alamat email yang digunakan untuk mengirim dan menerima email.

4.   Chatting
Chatting adalah sebuah pembicaraan melalui tulisan,yg terjadi secara tidak langsung,dengan menggunakan koneksi internet,yang mana pesan itu dikirim sangat cepat,tanpa harus menunggu terlebih dahulu.
Chatting dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi komputer,contohnyanya adalah MIRC,dan Yahoo Messenger(YM), chatting juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook, lewat hp dengan aplikasi Mig33, dan sebagainya. Lewat chatting ini banyak orang yang menemukan sahabat,teman,bahkan pacar baru. Cara chatting juga tidaklah sulit, pasti kebanyakan dari anda semua sudah tahu bagaimna caranya, namun untuk lebih memperjelas melakukan chatting dapat dilihat sebagai berikut.
                                                                                                                                                                                                        
ü   Chatting dengan menggunakan Facebook
1.    Anda harus Log In dulu, jika anda belum mempunyai akun facebook anda harus membuatnya dulu
2.    Setelah Log In cari yang bacaannya “Obrolan” dipojok kanan bawah pada tampilan monitor anda
3.    Kamu pilih orang yang ingin anda ajak chatting
4.    Setelah dipilih anda sudah dapat melakukan Chatting
ü   Chatting dengan menggunakan MiRC
  1. Download aplikasi nya
  2. Buka aplikasi MiRC dahulu
  3. Klik register In Line jika anda ingin mendaftar terlebih dahulu
  4. Masukkan alamat email,nick name,dan password anda,dikotak dialog MiRC options
  5. Di kotak daftar category, klik servers. Anda  akan diminta memilih server chatting yang anda ingin gunakan. Pilihlah dalnet ; random server,kemudian connect to server
  6. Setelah terhubung dengan server ,kemudian kotak dialog MiRC favourites akan ditampilkan
  7. Masukkan nama channel name dan klik join
  8. Pilih nama orang yang ada didaftar
  9. Anda sudah dapat melakukan chatting
ü   Chatting dengan menggunakan Yahoo Massenger
1.       Double Click Icon Yahoo Messenger
2.      Masukan User ID dan Password pada kotak dialog Sign In
Jika kita mau chatting maka kita harus punya dulu USER ID dan PASSWORD agar kita bisa masuk dan memilih room yang kita inginkan.Banyak diantara pengguna internet di Indonesia yang sudah memahami dengan baik apa itu chatting. Program yang biasanya dipakai untuk chatting pada umumnya adalah Yahoo Massenger dan MSN Hotmail yang bisa kita download dari websitenya secara gratis.
3.        Tekan Enter atau Click Sign In pada kotak dialog, tunggu beberapa saat
ü   Chatting dengan menggunakan Mig33
1.         Download aplikasinya
2.         Buka aplikasinya
3.         Masukkan alamat email anda disana,atau jika tidak ada buat terlebih dahulu
4.         Setelah itu ada sms masuk yang berisi Kode
5.         Kemudian masukkan kode itu ke aplikasi tadi
6.         Pilih kamar (tempat/komunitas) yang kita inginkan,pilih orang yang ada dikamar tersebut,anda pun siap chatting

Etika Komunikasi Online

Dalam kehidupan sehari-hari ketika berhubungan dengan orang lain tentunya kita harus menggunakan apa yang dinamakan dengan etika. Seperti ketika ingin berbicara dengan orang yang belum kita kenal maka lebih baik berkenalan terlebih dahulu. Cara berkenalanpun tidak tiba-tiba bertanya: “kamu siapa, orang mana?”.
Alangkah baiknya terlebih dahulu saling tersenyum, kemudian berjabat tangan lalu menyebutkan nama masing-masing. Baru kemudian mengutarakan maksud dan tujuan. Hal seperti itu untuk menciptakan rasa nyaman keduabelah pihak dan akhirnya komunikasi selanjutnya menjadi lancar. Apalagi di era online ini, dimana orang bisa bertemu melalui berbagai media tanpa bertatap muka secara langsung. Pernah ada yang mengatakan bahwa melalui internet ini bahkan kita tidak tahu seandainya sedang berbicara dengan seekor anjing. Artinya semua serba anonym, tanpa nama, tanpa identitas. (Meskipun secara teknologi bisa dilacak siapa, mengakses apa, dari mana, bagaimana caranya dan kapan). Maka jika kita ingin berinteraksi dengan sesama pengguna media online yang lain alangkah baiknya saling membuka identitas terlebih dahulu, khususnya untuk interaksi melalui saluran privat seperti email dan chatting.
Sama dengan interaksi secara offline atau tatap muka langsung, maka komunikasi melalui media online hendaknya juga memerhatikan etika untuk menciptakan suasana yang nyaman. Jika belum saling kenal maka alangkah baiknya saling berkenalan terlebih dahulu dengan cara yang baik. Baru kemudian kita sampaikan apa yang menjadi maksud dan tujuan kita.
Coba bandingkan contoh kasus berikut ini:
  1. “Selamat pagi, saya Viola, mendapatkan YM Anda dari website. Berapa ya harga domain dan hosting 2 giga?”
  2. “Kalo 2 giga sekarang berapa?”
Rasanya lebih enak yang mana? Nomor 1 sudah memenuhi beberapa hal: salam, perkenalan, tujuan. Sementara nomor 2 langsung menyampaikan tujuan.
Keakraban yang Terjalin dalam Komunikasi Internet

Kegiatan komunikasi begitu penting aplikasinya dalam kehidupan seharihari. Secara aplikatif, komunikasi memiliki banyak sekali bentuk. Dewasa ini, berkat makin majunya teknologi, komunikasi telah berkembang dan berubah bentuknya. Media-media komunikasi sudah makin maju, dan mampu memberikan pelayanan dan fungsi-fungsi yang lebih efektif dan efisien dalam berkomunikasi. Salah satu media yang mampu melakukan hal ini adalah komputer. Melalui komputer, kini individu dapat mengakses internet. Internet adalah suatu jaringan yang memungkinkan individu-individu untuk saling berhubungan dan mengadakan kontak melalui komputer. Internet mampu mengatasi hambatan jarak dan waktu yang dahulu dirasakan untuk berkomunikasi. Sama seperti komunikasi secara langsung, diasumsikan bahwa komunikasi melalui internet juga dipengaruhi oleh faktor-faktor, seperti faktor-faktor individu.

Dari berbagai sumber, ditemukan pula terdapat faktor-faktor yaitu anonimitas, kesamaan, dan kecemasan pribadi yang dirasa berhubungan dengan komunikasi melalui internet. Sebagai suatu kegiatan komunikasi, komunikasi melalui internet juga memiliki banyak tujuan dalam aplikasinya. Salah satu tujuan tersebut adalah menjalin suatu hubungan dengan orang lain, atau yang disebut juga hubungan akrab. Hubungan akrab atau intimasi sendiri dapat dilihat dari adanya selfdisclosure serta rasa peduli dan sayang antar individu, dan merupakan salah satu wujud hasil dari kegiatan berkomunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor individu yang berhubungan dalam penggunaan internet sebagai media komunikasi. Hubungan tersebut terlihat dari deskripsi penggunaan aplikasi komunikasi di internet sebagai wujud penggunaan internet sebagai media komunikasi, dengan karakteristik individu, yakni jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan pekerjaan pengguna internet. Selain itu, dari data yang telah dikumpulkan, diketahui bahwa sifat anonimitas pengguna internet tergolong tinggi dalam penggunaan internet sebagai media komunikasi, adapun tingkat kesamaan dan tingkat kecemasan komunikasi yang dirasakan pengguna internet diketahui tergolong rendah. Dilihat dari polanya, hasil data tingkat anonimitas, kesamaan, dan kecemasan komunikasi tersebut berhubungan dan berpotensi menjadi penyebab rendahnya tingkat penggunaan internet secara umum.

Hasil yang mengejutkan ditemukan dari hasil data mengenai hubungan akrab. Dalam penelitian, hubungan akrab dilihat dari tiga faktor, yakni keakraban, kepercayaan, serta kepedulian dan kasih sayang. Sehubungan dengan hasil sebelumnya, hasil data mengenai keterbukaan dan kepercayaan diketahui rendah, hal ini sesuai dengan teorinya dimana bila tingkat anonimitas tinggi, dan tingkat kesamaan rendah, dapat disimpulkan tingkat kontak dan interaksi melalui internet adalah rendah, sehingga tidak dapat menciptakan keterbukaan dan kepercayaan dari diri pengguna internet kepada orang lain, namun hasil tingkat kepedulian dan rasa sayang pengguna ternyata tergolong tinggi. Semua hasil tersebut ternyata sesuai dengan Henline (2006) yang menyatakan bahwa dalam berkomunikasi melalui internet, bisa terjadi apa yang disebut keakraban palsu, dimana keakraban palsu dapat timbul saat seseorang melakukan kontak atau interaksi melalui internet, dan merasakan keakraban, tapi tidak benar-benar mengenal siapa lawan bicaranya.

Singkatan-Singkatan Istilah Komunikasi di Internet

AAMOF – As A Matter Of Fact = Seperti dijelaskan pada fakta (?)
AFAIK – As Far As I Know = Sejauh yang saya tahu
AFAIC – As Far As I’m Concerned = Sejauh yang saya konsern
AFAICT – As Far As I Can Tell = sejauh yang saya bisa ceritakan
AFK – Away From Keyboard = lagi jauh dari papan-ketik (jika terpaksa meninggalkan chat-room karena sesuatu hal)
ASAP – As Soon As Possible = sesegera mungkin
ASL – Age, Sex, LocationS = Umur, Jenis genital, lokasi
BAK – Back At Keyboard = Kembali ke papan-ketik
BBL – Be Back Later = Akan kembali nanti (jika hendak meninggalkan chat-room sementara waktu)
BITMT – But In The Meantime = Tetapi dalam kurun waktuBOT – Back On Topic = kembali ke topik
BRB – Be Right Back = Saya kembali…
BTW – By the way = dalam pembicaraan (biasanya dipakai untuk membicarakan subtopik tertentu di luar topik yang sedang dibicarakan)
C4N – Ciao For Now = idem dengan CU – See you = sampai jumpa (untuk keluar/mengakhiri chat/topik)
CMIIW – Correct Me If I’m Wrong = Perbaiki saya jika saya salah
CRS – Can’t Remember “Stuff” = Tidak ingat “benda” yang dimaksud
CU – See You = idem C4N
CUL(8R) – See You Later = idem C4N
CWOT – Complete Waste Of Time = Sangat menghabiskan waktu saja
CYA – See Ya = idem C4N
DIY – Do It Yourself = Kerjakan sendiri
EOD – End Of Discussion = akhir diskusi
EZ – Easy =gampang, mudah
F2F – Face To Face = kopdar, ketemuan fisik
FAQ – Frequently Asked Questions = hal-hal yang sering ditanyakan
FBOW – For Better Or Worse = untuk baik atau buruk
FOAF – Friend Of A Friend = teman dari teman
FOCL – Falling Off Chair Laughing = sampai jatuh dari bangku karena tertawa (menertawakan sesuatu yang sangat lucu, hampir sama dengan LOL – Laughing Out Loud)
FWIW – For What It’s Worth = Untuk apa itu berguna
FYA – For Your Amusement = Untuk kesenanganmu (biasanya merujuk pada games)
FYI – For Your Information = Untuk informasimu (biasanya untuk memberikan informasi tertentu)
/ga – Go Ahead = ayolah
GAL – Get A Life = dapatkan hidup(mu) (biasanya merujuk untuk orang yang addicted (kecanduan) pada sesuatu hingga lupa makan, tidur atau minum)
GBTW – Get Back To Work = kembali kerja
GFC – Going For Coffee = pergi untuk minum kopi
GFETE – Grinning From Ear To Ear = bisik-bisik (?) [FYI, google translator menerjemahkannya : Kernyih dari telinga ke telinga]
GMTA – Great minds think alike = sebagian besar pemikiran (orang) berpikir sama
GR&D – Grinning, Running & Ducking = kernyih, berlarian dan menunduk
GTG – Got To Go = Harus pergi
GTGTTBR – Got To Go To The Bathroom = harus pergi ke kamar kecil
GTRM – Going To Read Mail = mau baca surat elektonik
HAND – Have A Nice Day = semoga mendapatkan hari baik
HHOK – Ha Ha Only Kidding = Ha ha hanya bercanda
HTH – Hope This Helps = Berharap ini dapat menolong (biasanya merujuk pada sebuah artikel)
IAC – In Any Case = Pada kasus apapun
IAE – In Any Event = Pada event apapun
IC – I See = saya mengerti
IDGI – I Don’t Get It = saya tidak mengerti
IMCO – In My Considered Opinion = dalam anggapan saya
IMHO – In my humble opinion = dengan kerendahan hati, pendapat saya….
IMNSHO – in My Not So Humble Opinion = dengan tidak rendah hati, pendapat saya (kebalikan IMHO)
IMO – In My Opinion = dalam pendapat saya
IMPE – In My Personal Experience = dalam pengalaman pribadi saya
IMVHO – In My Very Humble Opinion = dengan sangat rendah hati, pendapat saya….
IOW – In Other Words = dengan kata lain
IRL – In Real Life = dalam kehidupan sesungguhnya
ISP – Internet Service Provider = Penyedia jasa internet
IYKWIM – If You Know What I Mean = Jika kamu tahu apa yang saya maksud
JIC – Just In Case = hanya dalam kasus tertentu
J/K – Just kidding = hanya bercanda
KISS – Keep It Simple Stupid = buat itu gampang, [*red : sorri kata terakhir artikan sendiri]

L8TR – Later = nanti
LD – Later dude = nanti bung
LOL – Laughing Out Loud = tertawa terbahak-bahak
LTNS – Long Time No See = sudah lama tidak jumpa
MorF – Male or Female, or person who asks that question = laki-laki atau perempuan, atau orang yang bertanya
MTCW – My Two Cents Worth = berharga dua sen (biasanya untuk meledek sesuatu yang dianggap “murahan”)
NRN – No Reply Necessary = tidak perlu dibalas
ONNA – Oh No, Not Again! = oh tidak, tidak lagi!
OTOH – On The Other Hand = dalam tangan lainnya
OTTOMH – Off the top of my head = di atas kepala saya
OIC – Oh I See = oh saya mengerti
OOT – Out Off Topic = Diluar Bahasan
OTF – On The Floor = di atas lantai
OLL – Online Love = cinta online
PLS – Please = silahkan
PU – That Stinks! = Itu bau! (Untuk berseru ketika menemukan sesuatu yang menjengkelkan)
REHI – Hello Again (re-Hi!) = halo lagi
ROFL – Rolling On Floor Laughing = Tertawa sampai terguling-guling di lantai
ROTF – Rolling On The Floor = berguling-guling di lantai
ROTFL – Rolling On The Floor Laughing = idem ROFL
RSN – Real Soon Now = Sesegera mungkin
RTDox – Read The Documentation/Directions = Baca dokumentasi/Petunjuk
RTFM – Read The Frickin’ Manual = Baca manual
RUOK – Are You OK? = Apakah kamu ok?
SNAFU – Situation Normal; All Fouled Up = Situasi normal; semua dibohongi (setelah adanya provokasi (biasanya dari spammer))
SO – Significant Other = sama dengan yang lain
SOL – Smiling Out Loud (or Sh*t Out of Luck) = Tersenyum lebar-lebar
TANSTAAFL – There Ain’t No Such Thing As A Free Lunch = Tidak ada yang penting seperti makan siang gratis
TAFN – That’s All For Now = Itu semua untuk sekarang
TEOTWAWKI – The End Of The World As We Know It = Kiamat seperti yang kita tahu
THX – Thanks = terima kasih
TIA – Thanks In Advance = terima kasih sebelumnya
TLK2UL8R – Talk to you later = bicara denganmu nanti
TMK – To My Knowledge = dari pengetahuan saya
TOS – Terms Of Service = Aturan dari pelayanan
TPTB – The Powers That Be = Pemilik kekuatan yang bisa
TSWC – Tell Someone Who Cares = Ceritakan seseorang yang peduli
TTBOMK – To The Best Of My Knowledge = Dari pengetahuan terbaik saya
TTFN – Ta-Ta For Now = idem CU
TTYL(8R) – Talk To You Later = idem TLK2UL8R
TWIMC – To Whom It May Concern = Untuk siapa saya yang peduli
Txs – Thanks = terima kasih
URL – Web Page Address = alamat laman
w/b – Welcome Back = Selamat datang/ kembali lagi
w/o – Without = tanpa
WRT – With Regard To = dengan penghargaan ke
WTG – Way To Go = arah, sesuatu akan dimulai
WU? – What’s Up? = apa yang terjadi?
WWW – World Wide Web = Jejaring Besar Dunia
WYSIWYG – What You See Is What You Get = Apa yang kamu lihat itulah yang kamu dapat
Y2K – Year 2000 = tahun 2000
YGIAGAM – Your Guess Is As Good As Mine = Tebakanmu seperti saya
YGWYPF – You Get What You Pay For = Apa yang kamu dapat itu yang kamu bayar
YMMV – Your Mileage May Vary = [*red yang ini susah terjemahinnya ni...]
ZZZ – Sleeping = Tidur


Sumber:


1 komentar:

  1. Psychology...Growth And Develope: Komunikasi Internet >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Psychology...Growth And Develope: Komunikasi Internet >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Psychology...Growth And Develope: Komunikasi Internet >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Q2

    BalasHapus