Senin, 10 Oktober 2011

Komponen yang Dibutuhkan untuk Melakukan Konfigurasi Internet


Komponen konfigurasi internet merupakan komponen yang digunakan untuk menjalankan proses koneksi internet menggunakan jaringan telepon dengan dial up ke Internet Service Provider CBN. Komponen ini juga berfungsi sebagai jembatan untuk melakukan Back-up data hasil dari komponen data ”importfrom DB”.
komponen-komponen yang harus dipenuhi sebelum kita melakukan konfigurasi internet, adalah sebagai berikut:
1.  Seperangkat komputer, misal PC atau laptop





 




    


 

2.  Modem (Modulator Demodulator) yang sesuai dengan perangkat
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.





 









3.  Protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini.




 










4.  Saluran telepon yang memiliki kualitas suara yang baik.
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.



 







5.  Koneksi ke internet melalui penyedia layanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider)
Penyelenggara jasa Internet (ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. ISP yang merupakan kepanjangan dari Internet Service Provider ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.



 







6.  Menjadi anggota dari suatu ISP
Syarat-syarat menjadi anggota ISP adalah sebagai berikut:
 pertama, wilayah daerah harus termasuk ke dalam area lingkup ISP tersebut.  Contohnya Telkom.
Kedua, Anda harus  daftar ke ISP tersebut bahwa anda ingin berlangganan internet di ISP (Jika tidak berlangganan juga bisa, seperti Telkomnet Instant yg akses pembayarannya berdasarkan waktu pemakaian, kira-kira Rp.165 permenit)

7.  Software aplikasi Internet, contohnya Web Browser, Mail, FTP, dan sebagainya.




 










Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar