Senin, 10 Oktober 2011

Bandwith, ISP dan FTP


Bandwith, ISP dan FTP

a.Bandwith
Sebagian besar perusahaan hosting menawarkan berbagai pilihan bandwidth dalam rencana mereka. Jadi sebenarnya apa yang dimaksud dengan bandwidth? Sederhananya, bandwidth adalah jumlah lalu lintas yang diizinkan antara situs web dan situs lainnya dari internet. Jumlah bandwidth yang dapat diberikan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik untuk internal maupun eksternal ke data center publik internet.Menurut wikipedia, Bandwith adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz. Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu komputer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Selain itu bandwith sendiri memiliki berbagai macam pengertian (kontekstual), diantaranya :
Konektivitas jaringan
Internet, secara simpel adalah sekelompok jutaan komputer terhubung dengan jaringan. Sambungan ini dapat besar atau kecil, tergantung dari kabel dan peralatan yang digunakan di lokasi tertentu. Ukuran setiap koneksi jaringan yang ada menentukan seberapa banyak bandwidth tersedia. Misalnya, jika kamu menggunakan koneksi DSL untuk terhubung ke internet, kamu memiliki 1,54 Mega bit (Mb) bandwidth, maka bandwidth diukur dalam bit (satu 0 atau 1). Bit dikelompokkan dalam satuan byte yang berupa kata, teks, dan informasi lainnya yang ditransfer antara komputer dan internet.
Jika kita memakai DSL untuk terkoneksi ke internet, kita telah memiliki bandwidth yang terdedikasi (dedicated) antara komputer dengan internet. Tetapi ISP kamu mungkin memiliki ribuan koneksi DSL ke lokasi mereka. Semua koneksi ini terhubung ke ISP yang menggunakan melalui jalur dedicated juga (atau beberapa sambungan) yang jauh lebih besar daripada yang kamu gnakan. Mereka harus mempunyai cukup bandwidth untuk melayani kebutuhan komputasi untuk semua pelanggan. Jadi, sekalipun kamu memiliki 1.54Mb koneksi ke internet selular, ISP kamu mungkin memiliki 255Mb koneksi ke internet sehingga dapat mengakomodasi kebutuhanmu dan juga 166 pengguna lain (255/1.54).
Lalu Lintas
Analogi yang sangat sederhana untuk bandwidth dalam konteks lalu lintas adalah seperti kendaraan di jalan raya. Bandwidth adalah lebar jalan dan lalu lintas adalah jumlah kendaraannya. Jika kita adalah satu-satunya pengendara di jalan raya, perjalanan dapat ditempuh dengan sangat cepat. Tapi jika kita terjebak ditengah kemacetan, perjalanan kita mungkin akan sangat lambat karena semua jalan dipenuhi juga oleh kendaraan lain.
Lalu Lintas adalah jumlah bit yang ditransfer pada koneksi jaringan. Untuk mempermudah saya akan memberikan contoh kecil, Satu Gigabyte = 2 pangkat 30 (1073741824) byte. Satu GB = 1024 megabyte, kita anggap saja diperlukan satu byte untuk menyimpan satu karakter (untuk mempermudah analogi). Bayangkan 100 file kabisnet di sebuah bangunan, masing-masing kabinet terdapat 1000 map. Setiap map memiliki 100 kertas. Setiap kertas berisi 100 karakter – 1 GB adalah semua karakter dalam bangunan itu. Sebuah lagu MP3 biasanya berukuran 4 MB, lagu yang sama dalam format WAV mencapai 40MB, sebuah film panjang yang komplit mencapai 800MB sampai 1000MB (1000MB = 1GB).
Jika kita ingin mentransfer lagu MP3 ini dari situs Web ke komputer (download), kita akan membuat lalu lintas sebesar 4MB antara situs web dengan komputer, tergantung pada koneksi jaringan antara web dan situs internet, transfer mungkin terjadi sangat cepat, atau bisa saja sangat lama jika orang lain yang juga men-download file pada saat yang bersamaan
Bandwidth dalam Hosting
Pada contoh di atas, kita diskusikan lalu lintas dalam hal men-download sebuah file MP3. Namun, setiap kali kita mengunjungi situs web, kita akan membuat lalu lintas, karena pada waktu membuka sebuah situs yang didalamnya terdapat file gambar, animasi flash, teks, dll akan di-download terlebih dahulu sebelum ditampilkan ke software browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, Netscape, dll). Namun ukurannya mungkin lebih kecil daripada file musik Sebuah halaman web mungkin sangat kecil atau besar tergantung pada jumlah teks dan jumlah dan kualitas foto terpadu dalam halaman web. Misalnya, halaman rumah untuk CNN.com adalah tentang 200KB (200 Kilobyte = 200000 byte = 1600000 bit). Hal ini biasanya besar untuk halaman web. Sebagai perbandingan, Yahoo’s home page sekitar 70KB.
Sebagian besar situs pribadi atau situs bisnis kecil tidak akan membutuhkan lebih dari 1GB bandwidth per bulan. Jika kamu memiliki situs web yang terdiri dari halaman web statis dan kemungkinan pengunjung yang mampir ke situs dalam hitungan hari tidak terlalu banyak, maka ambilah bandwidth yang kecil. Kadang jika kita menggunakan bandwidth yang melebihi perencanaan, Penyedia Hosting akan memberikan overcharge dan kadang ada yang memberi keterangan Bandwidth limit.

b. ISP (Internet Service Provider)
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh.
Mengapa?
Karena teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain.


Kerja Internet dengan ISP.
ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP memerlukan upstream. Upstream itu adalah istilah dari penyedia koneksi dari ISP tersebut. Jadi ISP juga berlangganan dengan ISP yang lain. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi, Channel-11 akan menjadi Tier1 pada saat mati. Hanya ada 9 ISP yang tergolong Tier 1 di dunia ini,yaitu :
ü       AT&T (AS7018)
ü       Global Crossing (GX) (AS3549)
ü       Level 3 (AS3356)
ü       Verizon Business (formerly UUNET ) (AS701)
ü       NTT Communications / (formerly Verio ) (AS2914)
ü       Qwest (AS209)
ü       SAVVIS (AS3561)
ü       Sprint Nextel Corporation (AS1239)
List Tier 2 ISP yang paling berpengaruh di dunia :
ü       PCCW Global (formerly Beyond the Network Access (BTN)) AS3491 (Buys transit from Savvis AS3561)
ü       Cogent Communications AS174 (buys transit from Verio, AS2914)
ü       France Télécom AS5511 (buys transit from Sprint, AS1239)
ü       Tiscali International AS3257 (buys transit from Sprint, AS1239)
ü       Telecom Italia Sparkle (Seabone) AS6762 (buys transit from Verizon Business, AS701 and Sprint, AS1239)
ü       XO Communications AS2828 (buys transit from Sprint, AS1239)
ü       nLayer AS4436 (buys from GBLX /AS3549 and SAVVIS /AS3561)
Prosedur berlangganan
Pelanggan yang berlangganan dengan sebuah ISP harus mengikuti aturan-aturan berlangganan yang ditetapkan oleh ISP tersebut. Biasanya masing-masing ISP memiliki kebijakan-kebijakan tersendiri namun pada umumnya ISP-ISP tersebut melarang pelanggan untuk menggunakan koneksi internet untuk keperluan-keperluan yang negative dan melanggar hukum.
Kita mungkin sudah kenal dengan Telkomnet instant, produk layanan internet ini adalah salah satu produk internet yang sudah cukup lama hadir di masyarakat. Pemakai sangat gampang dalam melakukan koneksi ke internet, cukup sediakan sebuah modem yang terhubung ke PC dan line telepon, pelanggan langsung bisa melakukan koneksi dengan mudah, cukup dial nomer tertentu masukkan username dan password.
Biasanya, ISP menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu :

1. Dial-up (”kabel”)

Hubungan dial-up sekarang ini banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa.

2. Jalur lebar (Broadband)

Hubungan jalur lebar dapat berupa non-kabel, Internet satelit. Broadband dibanding modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu “on”, namun lebih mahal


c. File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol atau yang biasa disingkat menjadi FTP adalah suatu cara yang cepat, mudah dan murah untuk mentransfer file atau arsip data dari server internet ke komputer anda atau sebaliknya.Untuk menjalankan program FTP, anda memerlukan protokol transfer khusus yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Selain itu tentu saja diperlukan hubungan ke Internet melalui ISP. Dalam Windows 95/98/2000/Me, semua ini ditangani langsung oleh fasilitas Dial-Up Networking milik Windows.
Melalui program FTP, yang juga disebut FTP-client, pemakai mengatur pertukaran data dengan komputer lain yang berjauhan.Sebenarnya di Internet begitu banyak FTP-Server yang mempersilahkan pengunjung (user) untuk melihat atau menyalin arsip file mereka, tanpa banyak masalah. Untuk menjelajah kesana anda dapat masuk secara anonim. Untuk itu, anda hanya perlu login dengan username Anonymous dan sebagai passwordnya gunakan alamat e-mail anda sendiri.Kode-kode dalam program FTP milik Windows mengingatkan kita akan perintah DOS, karena cara kerja dan perintah-perintahnya banyak mirip dengan DOS. Meskipun bekerja dengan Windows, anda tidak perlu banyak membuka jendela disana-sini. Sekarang cukup banyak FTP-client yang bekerja mirip dengan Windows Explorer; begitu mudah memakainya, cukup dengan satu kali click dan program pun melakukan sambungan ke FTP-server.
 Web browser seperti Microsoft Internet Explorer atau Netscape Navigator juga dapat mengambil alih fungsi FTP-client. Hubungan ke FTP-server ini terlihat jelas pada awal alamatnya tidak memakai http://, tetapi ftp://. Setelah terhubung ke FTP-server, browser akan memperlihatkan sederetan file yang terdapat di server. Selanjutnya anda dapat memilih file yang diperlukan untuk mendownload file tersebut(tentunya yang diijinkan administrator server untuk didownload). Pada FTP-server sering kali kita menjumpai data atau file yang mempunya akhiran .TAR atau .TAR.Z. Akhiran ini menunjukkan jenis arsip dengan format khusus yang biasa dipakai untuk server UNIX. Secara umum, format arsip ini mirip seperti ARJ atau ZIP pada DOS atau Windows. Sebuah file TAR seringkali mempunyai direktori sendiri (sama seperti ARJ dan ZIP). Data didalam direktori atau sub direktori akan tetap susunannya ketika dikeluarkan dari  dalam paketnya.
Program-program FTP-client dapat kita peroleh dari mesin pencari yang sudah cukup terkenal, misalnya Yahoo! (http://www.yahoo.com) atau dari pustaka program seperti Tucows (http://www.tucows.com), Softseek (http://www.softseek.com) dan lain-lain.Daftar FTP-server di Indonesia saat ini belum ada yang terhitung lengkap. Namun demikian, jika mengetahui dengan pasti file FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu cara yang cepat, mudah dan murah untuk mentransfer file atau arsip data dari server internet ke komputer anda atau sebaliknya.Untuk menjalankan program FTP, anda memerlukan protokol transfer khusus yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Selain itu tentu saja diperlukan hubungan ke Internet melalui ISP. Dalam Windows 95/98/2000/Me, semua ini ditangani langsung oleh fasilitas Dial-Up Networking milik Windows.
FTP biasanya menggunakan dua buah port yaitu port 20 dan 21 dan berjalan exclusively melalui TCP. FTP server Listen pada port 21 untuk incoming connection dari FTP client. Biasanya port 21 untuk command port dan port 20 untuk data port. Pada FTP server, terdapat 2 mode koneksi yaitu aktif mode dan pasif mode.

Tujuan FTP server adalah sebagai berikut :
1. Untuk men-sharing data.
2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3. Untuk menyediakan teempat penyimpanan bagi user.
4. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

Kelemahan FTP
FTP tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format Binary. Secara default, ftp menggunakan mode ASCII untuk transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu dienkripsi (dikodekan).

Sumber:
http://www.mohanlink.com/2008/10/4-artikel-tentang-isp_18.html
http://www.steven.web.id/portal/indoftp.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar