Senin, 06 Januari 2014

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mata Diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar Di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta


Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) merancang dan membuat media pembelajaran dengan software powerpoint pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar; (2) Menghasilkan produk softwarepembelajaran Powerpointuntuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depok dalam bentuk CD yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research dan Development) yang dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok, Sleman Yogyakarta, dalam waktu enam bulan, mulai dari bulan September 2010 sampai dengan bulan Maret 2011. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajarandengan powerpointpada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar TU-2A. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan soal tes (pretest dan postest). Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan uji coba penerapan media dilakukan dengan cara membandingkan hasil pretest dan postestdari dua kelompok yang menggunakan media Powerpoint dan yang tidak menggunakan media Powerpoint.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikemasdalam sebuah CD (compactdisc), sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan, yaitu: (1) menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan medianya; (2) melakukan penelitian pendahuluan; (3) pembuatan desain software(4) pengumpulan bahan; (5) mengembangkan bentuk produk; (6) validasi oleh ahli media dan ahli materi; (7) analisis; (8) revisi I atau revisi kecil; (11) revisi II; (12) uji coba kelompok besar; (13) analisishasil uji kelompok besar; (14) uji efektifitas/penerapan; dan (15) produk akhir. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan presentase total sebesar 86,6%, ahli materi dengan persentase total sebesar 92,5%, penilaian guru mata diklat dengan persentase total sebesar 84,7%.
Media pembelajaran dengan Powerpoint ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 162,1%. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar TU-2A dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Latar belakang
Latar belakang penulis membuat penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa. Menurut penulis, pendidikan adalah salah satu faktor yang mendukung kemajuan bangsa. Namun, kondisi pendidikan di indonesia sangatlah memprihatinkan. Sarana yang tidak memadai, membengkaknya anak yang putus sekolah, kurikulum yang sering berganti, ketidakprofesionalan para pendidik, sampai pada kepribadian peserta didik yang jauh dati yang diharapkan. Usaha untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh peserta didik itu sendiri, pengajar (guru), fasilitas, lingkungan, media pendidikan serta metode pembelajaran yang digunakan. Adapun untuk kelancaran  proses belajar mengajar dapat menggunakan media bantu, berupa buku teks, film, transparansi, kaset video, dan media berbasis komputer. Peneliti melakukan penelitian pada SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta.
Pada SMK tersebut fasilitas dan tenaga pengajarnya menurut penulis cukup baik. Namun, nilai salah satu pelajaran agaknya buruk/menurun, yaitu pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar. Mesin CNC adalah suatu mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (perintah gerakan yang menggunakan angka dan huruf). Mesin CNC tingkat sadar dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mesin CNC Two Axis atau mesin bubut (lathe machine) dan mesin CNC three axis atau yang lebih dikenal dengan mesin frais (milling machine). Peneliti melakukan observasi awal di SMK tersebut, dan hasil observasi yang diperoleh adalah bahwa prestasi belajar siswa pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar rendah, yang disebabkan oleh:
1.    Kurangnya motivasisiswa untuk belajar mengikuti proses belajar mengajar di dalam kelas Kurangnya perhatian atau konsentrasi siswa terhadap apa yang disampaikanoleh guru Penyampain materi oleh guru kurang jelas sehingga siswakurang menangkap materi pelajaran
2.    Penulisan kata-kata dan gambar dariguru sebagai visualisasi materi pelajaran kurang jelas
3.    Peran guru sebagai fasilitator dan moderator bagi terciptanya situasi belajar yang kondusif bagisiswa belum dilaksanakan secara optimal
4.    Sebagian besar guru mengajar masih menggunakan metode ceramah dan menulis pada papan tulis yang tidak melibatkan siswa secara aktif
5.    Belum adanya media pembelajaran berbasis komputer yang sesuai untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar, sehingga tujuan kompetesi dasar dan KKM yang telah ditetapkan tidak dapat tercapai.
Disini, penulis memfokuskan penelitian pada metode pembelajaran yang digunakan dalam mengajar, yaitu dengan menggunakan media berbasis komputer untuk dapat meningkatkan pendidikan. Penulis mengharapkan pengembangan mediapengajaran berbasis komputer dapat mengatasi permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar. Selain itu, penggunaan media berbasis komputer pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK dapat dijadikan alternatif memperbaiki mutu pembelajaran mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar.

Pembatasan Masalah
Penulis membatasi masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan konsepmedia yang sesuai dengan kebutuhan serta mudah dalam proses pembuatan dan penggunaannya yaitu dengan menggunakan software Powerpoint. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan hanya dibatasi pada masalahPengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer menggunakan
software Powerpoint untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar CNC TU 2A.

Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka rumusan masalahpada penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana mengembangkan software Powerpoint pada Mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depok ?
2.    Apakah produk software pembelajaran Powerpoint untuk Mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar dalam bentuk CD yang dikembangkan, layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran ?

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah :
1.    Mengetahui prosedur atau langkah pengembangan software pembelajaranmata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depokdengan menggunakan software Powerpoint, yang layak untuk diterapkansebagai media pembelajaran (berfungsi sebagaimana mestinya) sebagaisumber belajar.
2.    Menghasilkan produk software pembelajaran Powerpoint untuk matadiklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depok dalam bentuk CD yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran (berfungsi sebagaimana mestinya) sebagai sumber belajar.

Metodologi Penelitian  
A.  Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (Research andDevelopment/RD). Metode Penelitian dan Pengembangan adalah metodepenelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan mengujikeefektifan produk tersebut (Sugiyono dalam .....). Model pengembanganyang digunakan adalah model prosedural yang diadaptasi dari modelpengembangan desain instruksional menurut Dick & Carey dan modelpenelitian pengembangan menurut Borg & Gall, dengan tahap-tahappengembangan sebagai berikut :
1.    Tahap identifikasi
Tahap identifikasi meliputi: identifikasi terhadap tujuan, karateristikpeserta didik, keahlian teknis, fasilitas, dan peralatan dan identifikasiterhadap kurikulum, untuk menentukan bahan ajar.
2.    Tahap desain dan pengembangan
Merancang dan mengembangkan program dalam bentuk dokumen desain sesuai langkah langkah yang diadaptasi darimodel Dick & Carey, termasuk didalamnya penyusunan flowchart,penulisan naskah, dan storyboard. Langkah-langkah tahap ini adalah :
·      Perumusan standar kompetensi
·      Analisis standar kompetensi
·      Identifikasi kemampuan awal dan karakteristik peserta didik
·      Merumuskan kompetensi pembelajaran
·      Memilih strategi pembelajaran dan pengalaman belajar
·      Penjabaran kompetensi dasar menjadi indikator
·      Pengembangan butir uji berdasarkan acuan patokan
3. Tahap produksi
Kegiatan dalam tahap ini yaitu membuat seluruh obyek media (assembly),misalnya pembuatan gambar (image), clip art, animasi dan video.
4. Tahap evaluasi
Tahap evaluasi dilakukan dengan langkah-langkah :
a.       Validasi dan uji coba meliputi: Validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran, ujicoba perorangan, uji coba kelompok kecil, danuji coba dilapangan.
b.      Tahap revisi, ada dua macam yaitu : (a) perubahan terhadap materipembelajaran dalam penyajian media pembelajaran. (b) hasil revisiberdasarkan masukan dari uji coba akan diperoleh produk akhir.

B. Prosedur Pengembangan
Prosedur pengembangan produk media Pembelajaran BerbasisKomputer pada Mata Diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar denganmenggunankan media Powerpoint yang digunakan diadaptasi dari modelpengembangan yang dikembangkan oleh Luther dan Arief S. Sadiman yaitusebagai berikut:
1. Menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan.
2. Melakukan penelitian pendahuluan, meliputi
a. Identifikasi tujuan pembelajaran
b. Analisisi pembelajaran
c. Identifikasi karakteristik pembelajaran
d. Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran
3. Pembuatan desain software.
4. Pengumpulan bahan, meliputi:
a. pembuatan materi
b. pembuatan dan pengumpulan gambar serta video.
c. pembuatan dan pengumpulan animasi.
5. Pengembangan produk awal.
6. Validasi ahli meteri dan media.
7. Analisis hasil validasi
8. Revisi I
9. Uji coba kelompok kecil.
10. Analisis hasil uji coba kelompok kecil
11. Revisi II
12. Uji coba kelompok besar
13. Analisis hasil uji coba kelompok besar.
14. Revisi III
15. Produk akhir

C. Uji Coba Produk
1. Produk yang di uji coba
Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitianyang bersifat analisis kebutuhan dan untuk mengkaji keefektifan produktersebut supaya dapat diterima di masyarakat luas, maka diperlukanpenelitian untuk mnguji keefektifan produk tersebut. Produk hasilpengembangan yang telah selesai dibuat berupa media pembelajaranmenggunakan software Powerpoint kemudian dilakukan uji coba kepadaresponden atau orang lain
2. Subjek uji coba
Subjek uji coba produk ini adalah siswa kelas VI Jurusan TeknikPemesinan SMK Negeri 2 Depok. Jumlah subyek secara keseluruhan adalah 15 siswa dengan rincian 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 15 siswa untuk uji coba kelompok besar. Guna keperluan validasi materi dipilih seorang praktisi pembelajaran Mesin CNC Dasar yaitu Dosen Jurusan pendidikan Teknik Mesin UNY dan Guru CNC di SMK N 2 Depok. Guna keperluan validasi media dipilih seorang praktisi media pembelajaran yaitu Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY.
3.    Pelaksanaan uji coba
Pelaksanaan uji coba bertujuan untuk mengevaluasi dan merevisisuatu produk media pembelajaran yang telah dibuat. Uji coba pengembangan media berbasis komputer dengan menggunakan softwarePowerpoint dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Uji coba pertama
Uji coba pertama pada produk pengembangan media pembelajaranberbasis komputer pada mata diklat Mengoperasikan mesin CNC Dasar dilakukan dengan dua tahap yaitu :
1) Tahap pertama dilakukan dengan meminta seorang ahli mediapembelajaran dari Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY untuk mengevaluasi produk media pembelajaran menggunakan software Powerpoint dari sisi media pembelajaran.
2) Tahap kedua dilakukan dengan meminta seorang ahli materi dariDosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY dan guru CNC di SMKN 2 Depok untuk mengevaluasi produk media pembelajaran menggunakan software Powerpoint dari sisi materi pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk memvalidasi produk, dimana dalam penelitian dan pengembangan ini validasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pembelajaran dengan media yang layakdilihat dari segi materi dan media. Setelah uji coba pertama dilakukan maka tahap berikutnya adalah melakukan perbaikan produk dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari ahli media dan materi.
b.      Uji coba kedua atau kelompok kecil
Uji coba kelompok kecil melibatkan enam siswa yangmempunyai perbedaan kemampuan yaitu siswa kurang pintar, sedangdan pintar berdasarkan referensi atau arahan dari guru mata diklat. Ujicoba ini bertujuan untuk mengetahui dan menganstisipasi hambatanatau permasalahan awal yang muncul ketika produk tersebutdigunakan. Data hasil uji coba kelompok kecil ini digunakan untukmerevisi produk sebelum digunakan pada uji coba lapangan. Data hasiluji coba kedua dianalisis sebagai bahan untuk revisi produk sebelumdigunakan pada uji coba kelompok besar.
c.       Uji coba ketiga atau uji coba kelompok besar
Uji coba kelompok besar dilakukan terhadap 15 siswa kelas VIJurusan Teknik SMK Negeri 2 Depok. Setelah uji coba kelompokbesar dilakukan maka data hasil uji coba dianalisis untuk mengetahuikelayakan produk ditinjau dari daya tarik dan efektivitasnya. Untukmendapatkan produk pembelajaran yang dipakai dalam kualitas yang baik, dilakukan analisis dan revisi akhir sebelum program disebarluaskan.
d.      Uji Coba Penerapan Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang telah melewati beberapa kali pengujian serta revisi dan sudah dinyatakan layak selanjutnya diuji cobakan untuk diterapkan dalam pembelajaran Mengoperasikan mesin CNC Dasar. Uji coba penerapan media pembelajaran dilakukan dengan membandingkan dua kelompok yang diajar menggunakan media biasa dengan kelompok yang diajar menggunakan media Powerpoint.

Kesimpulan
Berdasarkan yang saya baca dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian ini tercapai, namun walaupun begitu masih ada keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian ini. Media pembelajaran dengan Powerpoint yang digunakan telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 162,1%. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar TU-2A dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Keterbatasannya meliputi, media yang dikembangkan masih teoritis sehingga kurang aplikatif, tampilan media kurang jelas karena kelas di SMK tersebut masih belum dilengkapi oleh penutup cahaya yang rapat, media pembelajaran ini belum memiliki soal yang interaktif, dan lain sebagainya. Untuk memahami skripsi diatas secara lebih lengkap dan mendalam, dapat dilihat pada link di bawah ini:
 http://eprints.uny.ac.id/3848/1/Laporan_Skripsi_%28Amru_Salam_Riyadi%29_%2809503245002%29.pdf


Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mata Diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar Di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta


Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) merancang dan membuat media pembelajaran dengan software powerpoint pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar; (2) Menghasilkan produk softwarepembelajaran Powerpointuntuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depok dalam bentuk CD yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research dan Development) yang dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok, Sleman Yogyakarta, dalam waktu enam bulan, mulai dari bulan September 2010 sampai dengan bulan Maret 2011. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajarandengan powerpointpada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar TU-2A. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan soal tes (pretest dan postest). Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan uji coba penerapan media dilakukan dengan cara membandingkan hasil pretest dan postestdari dua kelompok yang menggunakan media Powerpoint dan yang tidak menggunakan media Powerpoint.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikemasdalam sebuah CD (compactdisc), sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan, yaitu: (1) menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan medianya; (2) melakukan penelitian pendahuluan; (3) pembuatan desain software(4) pengumpulan bahan; (5) mengembangkan bentuk produk; (6) validasi oleh ahli media dan ahli materi; (7) analisis; (8) revisi I atau revisi kecil; (11) revisi II; (12) uji coba kelompok besar; (13) analisishasil uji kelompok besar; (14) uji efektifitas/penerapan; dan (15) produk akhir. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan presentase total sebesar 86,6%, ahli materi dengan persentase total sebesar 92,5%, penilaian guru mata diklat dengan persentase total sebesar 84,7%.
Media pembelajaran dengan Powerpoint ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 162,1%. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar TU-2A dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Latar belakang
Latar belakang penulis membuat penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa. Menurut penulis, pendidikan adalah salah satu faktor yang mendukung kemajuan bangsa. Namun, kondisi pendidikan di indonesia sangatlah memprihatinkan. Sarana yang tidak memadai, membengkaknya anak yang putus sekolah, kurikulum yang sering berganti, ketidakprofesionalan para pendidik, sampai pada kepribadian peserta didik yang jauh dati yang diharapkan. Usaha untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh peserta didik itu sendiri, pengajar (guru), fasilitas, lingkungan, media pendidikan serta metode pembelajaran yang digunakan. Adapun untuk kelancaran  proses belajar mengajar dapat menggunakan media bantu, berupa buku teks, film, transparansi, kaset video, dan media berbasis komputer. Peneliti melakukan penelitian pada SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta.
Pada SMK tersebut fasilitas dan tenaga pengajarnya menurut penulis cukup baik. Namun, nilai salah satu pelajaran agaknya buruk/menurun, yaitu pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar. Mesin CNC adalah suatu mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (perintah gerakan yang menggunakan angka dan huruf). Mesin CNC tingkat sadar dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mesin CNC Two Axis atau mesin bubut (lathe machine) dan mesin CNC three axis atau yang lebih dikenal dengan mesin frais (milling machine). Peneliti melakukan observasi awal di SMK tersebut, dan hasil observasi yang diperoleh adalah bahwa prestasi belajar siswa pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar rendah, yang disebabkan oleh:
1.    Kurangnya motivasisiswa untuk belajar mengikuti proses belajar mengajar di dalam kelas Kurangnya perhatian atau konsentrasi siswa terhadap apa yang disampaikanoleh guru Penyampain materi oleh guru kurang jelas sehingga siswakurang menangkap materi pelajaran
2.    Penulisan kata-kata dan gambar dariguru sebagai visualisasi materi pelajaran kurang jelas
3.    Peran guru sebagai fasilitator dan moderator bagi terciptanya situasi belajar yang kondusif bagisiswa belum dilaksanakan secara optimal
4.    Sebagian besar guru mengajar masih menggunakan metode ceramah dan menulis pada papan tulis yang tidak melibatkan siswa secara aktif
5.    Belum adanya media pembelajaran berbasis komputer yang sesuai untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar, sehingga tujuan kompetesi dasar dan KKM yang telah ditetapkan tidak dapat tercapai.
Disini, penulis memfokuskan penelitian pada metode pembelajaran yang digunakan dalam mengajar, yaitu dengan menggunakan media berbasis komputer untuk dapat meningkatkan pendidikan. Penulis mengharapkan pengembangan mediapengajaran berbasis komputer dapat mengatasi permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar. Selain itu, penggunaan media berbasis komputer pada mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK dapat dijadikan alternatif memperbaiki mutu pembelajaran mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar.

Pembatasan Masalah
Penulis membatasi masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan konsepmedia yang sesuai dengan kebutuhan serta mudah dalam proses pembuatan dan penggunaannya yaitu dengan menggunakan software Powerpoint. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan hanya dibatasi pada masalahPengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer menggunakan
software Powerpoint untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar CNC TU 2A.

Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka rumusan masalahpada penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana mengembangkan software Powerpoint pada Mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depok ?
2.    Apakah produk software pembelajaran Powerpoint untuk Mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar dalam bentuk CD yang dikembangkan, layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran ?

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah :
1.    Mengetahui prosedur atau langkah pengembangan software pembelajaranmata diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depokdengan menggunakan software Powerpoint, yang layak untuk diterapkansebagai media pembelajaran (berfungsi sebagaimana mestinya) sebagaisumber belajar.
2.    Menghasilkan produk software pembelajaran Powerpoint untuk matadiklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar di SMK N 2 Depok dalam bentuk CD yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran (berfungsi sebagaimana mestinya) sebagai sumber belajar.

Metodologi Penelitian  
A.  Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (Research andDevelopment/RD). Metode Penelitian dan Pengembangan adalah metodepenelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan mengujikeefektifan produk tersebut (Sugiyono dalam .....). Model pengembanganyang digunakan adalah model prosedural yang diadaptasi dari modelpengembangan desain instruksional menurut Dick & Carey dan modelpenelitian pengembangan menurut Borg & Gall, dengan tahap-tahappengembangan sebagai berikut :
1.    Tahap identifikasi
Tahap identifikasi meliputi: identifikasi terhadap tujuan, karateristikpeserta didik, keahlian teknis, fasilitas, dan peralatan dan identifikasiterhadap kurikulum, untuk menentukan bahan ajar.
2.    Tahap desain dan pengembangan
Merancang dan mengembangkan program dalam bentuk dokumen desain sesuai langkah langkah yang diadaptasi darimodel Dick & Carey, termasuk didalamnya penyusunan flowchart,penulisan naskah, dan storyboard. Langkah-langkah tahap ini adalah :
·      Perumusan standar kompetensi
·      Analisis standar kompetensi
·      Identifikasi kemampuan awal dan karakteristik peserta didik
·      Merumuskan kompetensi pembelajaran
·      Memilih strategi pembelajaran dan pengalaman belajar
·      Penjabaran kompetensi dasar menjadi indikator
·      Pengembangan butir uji berdasarkan acuan patokan
3. Tahap produksi
Kegiatan dalam tahap ini yaitu membuat seluruh obyek media (assembly),misalnya pembuatan gambar (image), clip art, animasi dan video.
4. Tahap evaluasi
Tahap evaluasi dilakukan dengan langkah-langkah :
a.       Validasi dan uji coba meliputi: Validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran, ujicoba perorangan, uji coba kelompok kecil, danuji coba dilapangan.
b.      Tahap revisi, ada dua macam yaitu : (a) perubahan terhadap materipembelajaran dalam penyajian media pembelajaran. (b) hasil revisiberdasarkan masukan dari uji coba akan diperoleh produk akhir.

B. Prosedur Pengembangan
Prosedur pengembangan produk media Pembelajaran BerbasisKomputer pada Mata Diklat Mengoperasikan Mesin CNC Dasar denganmenggunankan media Powerpoint yang digunakan diadaptasi dari modelpengembangan yang dikembangkan oleh Luther dan Arief S. Sadiman yaitusebagai berikut:
1. Menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan.
2. Melakukan penelitian pendahuluan, meliputi
a. Identifikasi tujuan pembelajaran
b. Analisisi pembelajaran
c. Identifikasi karakteristik pembelajaran
d. Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran
3. Pembuatan desain software.
4. Pengumpulan bahan, meliputi:
a. pembuatan materi
b. pembuatan dan pengumpulan gambar serta video.
c. pembuatan dan pengumpulan animasi.
5. Pengembangan produk awal.
6. Validasi ahli meteri dan media.
7. Analisis hasil validasi
8. Revisi I
9. Uji coba kelompok kecil.
10. Analisis hasil uji coba kelompok kecil
11. Revisi II
12. Uji coba kelompok besar
13. Analisis hasil uji coba kelompok besar.
14. Revisi III
15. Produk akhir

C. Uji Coba Produk
1. Produk yang di uji coba
Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitianyang bersifat analisis kebutuhan dan untuk mengkaji keefektifan produktersebut supaya dapat diterima di masyarakat luas, maka diperlukanpenelitian untuk mnguji keefektifan produk tersebut. Produk hasilpengembangan yang telah selesai dibuat berupa media pembelajaranmenggunakan software Powerpoint kemudian dilakukan uji coba kepadaresponden atau orang lain
2. Subjek uji coba
Subjek uji coba produk ini adalah siswa kelas VI Jurusan TeknikPemesinan SMK Negeri 2 Depok. Jumlah subyek secara keseluruhan adalah 15 siswa dengan rincian 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 15 siswa untuk uji coba kelompok besar. Guna keperluan validasi materi dipilih seorang praktisi pembelajaran Mesin CNC Dasar yaitu Dosen Jurusan pendidikan Teknik Mesin UNY dan Guru CNC di SMK N 2 Depok. Guna keperluan validasi media dipilih seorang praktisi media pembelajaran yaitu Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY.
3.    Pelaksanaan uji coba
Pelaksanaan uji coba bertujuan untuk mengevaluasi dan merevisisuatu produk media pembelajaran yang telah dibuat. Uji coba pengembangan media berbasis komputer dengan menggunakan softwarePowerpoint dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Uji coba pertama
Uji coba pertama pada produk pengembangan media pembelajaranberbasis komputer pada mata diklat Mengoperasikan mesin CNC Dasar dilakukan dengan dua tahap yaitu :
1) Tahap pertama dilakukan dengan meminta seorang ahli mediapembelajaran dari Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY untuk mengevaluasi produk media pembelajaran menggunakan software Powerpoint dari sisi media pembelajaran.
2) Tahap kedua dilakukan dengan meminta seorang ahli materi dariDosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY dan guru CNC di SMKN 2 Depok untuk mengevaluasi produk media pembelajaran menggunakan software Powerpoint dari sisi materi pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk memvalidasi produk, dimana dalam penelitian dan pengembangan ini validasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pembelajaran dengan media yang layakdilihat dari segi materi dan media. Setelah uji coba pertama dilakukan maka tahap berikutnya adalah melakukan perbaikan produk dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari ahli media dan materi.
b.      Uji coba kedua atau kelompok kecil
Uji coba kelompok kecil melibatkan enam siswa yangmempunyai perbedaan kemampuan yaitu siswa kurang pintar, sedangdan pintar berdasarkan referensi atau arahan dari guru mata diklat. Ujicoba ini bertujuan untuk mengetahui dan menganstisipasi hambatanatau permasalahan awal yang muncul ketika produk tersebutdigunakan. Data hasil uji coba kelompok kecil ini digunakan untukmerevisi produk sebelum digunakan pada uji coba lapangan. Data hasiluji coba kedua dianalisis sebagai bahan untuk revisi produk sebelumdigunakan pada uji coba kelompok besar.
c.       Uji coba ketiga atau uji coba kelompok besar
Uji coba kelompok besar dilakukan terhadap 15 siswa kelas VIJurusan Teknik SMK Negeri 2 Depok. Setelah uji coba kelompokbesar dilakukan maka data hasil uji coba dianalisis untuk mengetahuikelayakan produk ditinjau dari daya tarik dan efektivitasnya. Untukmendapatkan produk pembelajaran yang dipakai dalam kualitas yang baik, dilakukan analisis dan revisi akhir sebelum program disebarluaskan.
d.      Uji Coba Penerapan Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang telah melewati beberapa kali pengujian serta revisi dan sudah dinyatakan layak selanjutnya diuji cobakan untuk diterapkan dalam pembelajaran Mengoperasikan mesin CNC Dasar. Uji coba penerapan media pembelajaran dilakukan dengan membandingkan dua kelompok yang diajar menggunakan media biasa dengan kelompok yang diajar menggunakan media Powerpoint.

Kesimpulan
Berdasarkan yang saya baca dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian ini tercapai, namun walaupun begitu masih ada keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian ini. Media pembelajaran dengan Powerpoint yang digunakan telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 162,1%. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran untuk mata diklat Mengoperasikan Mesin CNC dasar TU-2A dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Keterbatasannya meliputi, media yang dikembangkan masih teoritis sehingga kurang aplikatif, tampilan media kurang jelas karena kelas di SMK tersebut masih belum dilengkapi oleh penutup cahaya yang rapat, media pembelajaran ini belum memiliki soal yang interaktif, dan lain sebagainya. Untuk memahami skripsi diatas secara lebih lengkap dan mendalam, dapat dilihat pada link di bawah ini:
 http://eprints.uny.ac.id/3848/1/Laporan_Skripsi_%28Amru_Salam_Riyadi%29_%2809503245002%29.pdf